Gempa 7,4 SR Guncang Papua Nugini, Ada Peringatan Tsunami

0
68
Gempa 7,4 SR Guncang Papua Nugini, Ada Peringatan Tsunami

Papua Nugini diguncang gempa berkekuatan 7,4 Skala Richter (SR) pada Selasa (5/5/2015). Warga Papua Nugini yang ketakutan pun segera keluar dari rumah untuk menyelamatkan diri.

Gempa 7,4 SR ini terjadi di wilayah yang berjarak 133 kilometer barat-barat daya dari Kota Kokopo, New Britain, Papua Nugini, dengan kedalaman 63 kilometer. “Gempa disusul gempa berkekuatan 5,9 SR,” jelas Badan Survei Geologikal Amerika Serikat (AS), seperti dikutip dari Channel News Asia, Selasa (5/5/2015).

Pusat Peringatan Tsunami Pasifik memperingatkan kemungkinan adanya gelombang tsunami yang berbahaya. Namun berdasarkan laporan terakhir, kemungkinan timbulnya ancaman tsunami tak terjadi.

Mathew Moihoi, seismolog dari PNG Observatori Geofisikal, mengatakan gempa terakhir diikuti serangkaian aktivitas seismik di suatu daerah pada beberapa minggu belakangan, tapi tidak ada laporan mengenai kerusakan besar pada bangunan atau infrastruktur di sana.

Annette Sete, salah seorang warga di Kokopo, mengatakan, tidak ada guncangan hebat belakangan ini. Tapi, gempa yang terakhir memang besar.

Dia mengatakan, sekolah-sekolah ditutup dan anak-anak pulang lebih cepat.

Annete menambahkan, tapi akibat gempa 7,4 SR ini perabotan di dalam rumah luluh lantak. Sejumlah aliran aliran listrik tidak berfungsi dan pohon-pohon tumbang.

“Namun, belum ada laporan mengenai korban tewas,” ujar Annette.

loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here