Fakta Penting Tentang Herpes Genital Pada Wanita

0
207
Fakta Penting Tentang Herpes Genital Pada Wanita
Ilustrasi

Herpes genital adalah penyakit menular seksual yang disebabkan oleh virus herpes simpleks. Virus ini memasuki tubuh melalui celah mikroskopis pada kulit dan selaput lendir. Berikut adalah beberapa fakta penting tentang herpes genital pada wanita yang patut diketahui, seperti dilansir medicinenet.com.

Fakta 1
Herpes genital ditularkan oleh semua jenis kontak seksual yang terjadi pada daerah genital.

Fakta 2
Gejala dari penyakit ini termasuk kulit melepuh dan/atau borok di daerah kelamin, gatal, sensasi terbakar atau kesemutan di kulit dan beberapa individu mungkin mengalami demam, nyeri di sekujur tubuh dan pembengkakan kelenjar getah bening. Gejala itu biasanya akan datang dan pergi seumur hidup.

Fakta 3
Diagnosis biasanya dilakukan dengan mengenali perubahan kulit di daerah kelamin, tetapi tes lainnya juga dapat dilakukan.

Fakta 4
Tidak ada obat untuk herpes genital. Dokter hanya akan memberikan obat antivirus yang digunakan untuk mengurangi tingkat keparahan dan frekuensi herpes genital.

Fakta 5
Kondom dapat mencegah penyebaran penyakit menular seksual ini, saat berhubungan seks. Namun daerah kulit yang tidak terbungkus oleh kondom tetap dapat menularkan penyakit ini. Pakaian yang menyentuh borok di kulit kelamin dapat menular ke orang lain yang mengenakan pakaian tersebut.

Fakta 6
Stres dan kelelahan juga bisa meningkatkan risiko terkena herpes genital pada wanita.

loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here