Ciri-Ciri Pria Mandul Menurut Dokter Spesialis Sex

Ciri-Ciri Pria Mandul Menurut Dokter Spesialis Sex

Pada Pria jika terjadi gangguan pada sperma maka pembuahan kecil kemungkinan dapat terjadi, sehingga penyebab inilah yang mengakibatkan pria mandul.

Ciri-Ciri Pria Mandul Menurut Dokter Spesialis Sex

Arsipkita.com – Ciri-Ciri Pria Mandul Menurut Dokter Dan Para Ahli Sex. Bagi semua orang Kemandulan masih menjadi masalah yang menyebabkan rasa malu terutama di kalangan pria. Kemandulan pada pria tentunya merupakan sesuatu yang tidak dinginkan bagi seorang pria ataupun bagi pasangan suami-istri.

Obat Pembesar Penis Vimax Asli di Bandung
Agen Distributor Toko Jual Hammer Of Thor COD Di Semarang

Sperma adalah sel jantan yang bertugas membuahi sel terlur wanita agar pembuahan dan kehamilan terjadi.

Syarat syarat sperma berkualitas baik

Sperma akan dikatakan berkualitas baik jika spermatozoa yang terkandung dalam setiap mililiter sperma berjumlah sekitar 20 sampai 40 juta dengan 30 persen di antaranya berbentuk normal, dan mobilitasnya bagus (gerak lurus dan cepat), dan tidak ada aglutinasi (dua spermatozoa yang melekat).

Ciri ciri pria mandul

Jika syarat-syarat tersebut kurang dipenuhi maka akan terjadi beberapa kelainan pada sperma yang dihasilkan, seperti oligozoospermia (jumlah spermatozoa yang dihasilkan kurang dari 15 juta), astenozoospermia (gerakan spermatozoa tidak normal, zigzag atau bahkan melengkung), teratozoospermia (jumlah spermatozoa yang normal jauh di bawah 30 persen), azoospermia (sperma yang dikeluarkan hanya berupa cairan saja sehingga tidak mengandung spermatozoa), dan aspermia (tidak ada sperma yang dikeluarkan).

Dari beberapa penjelasan diatas akan bisa disimpulkan bahwa infertilitas seorang pria tidak berhubungan dengan kemampuan seksualnya. Kesuburan pria juga kian menurun sejalan dengan bertambahnya umur.Sampai seorang pria sudah menjadi kakek pun sperma masih tetap dihasilkan, namun potensi untuk mendapatkan anak dengan kelainan makin besar. Baca: Berikut Tradisi Seks Paling Menjijikkan di Dunia

Bisa dikatakan bahwa sel spermatozoa adalah penentu kesuburan pada pria, jika sel tersebut normal maka kehamilan besar kemungkinan akan terjadi, tetapi jika terjadi gangguan pada sperma maka pembuahan kecil kemungkinan dapat terjadi, sehingga penyebab inilah yang mengakibatkan pria mandul.

Sebuah studi pernah dilakukan dan diketahui bahwa potensi kemandulan terjadi sama besarnya pada pria dan wanita. Berikut ini statitstiknya:

  • 30%-40% pasangan kemandulan terjadi pada kedua pasangan sekaligus.
  • 20% kemandulan hanya dialami oleh pihak pria.
  • 30%-40% dialami oleh pihak wanita.
  • 10% sisanya tidak jelas atau tidak diketahui penyebabnya

Sehingga dalam situasi yang seperti ini penderita perlu dipaksa oleh doter ahli untuk dicari tahu penyebabnya kemudian mengobatinya. Berikut beberapa gangguan dan kelainan pada sperma yang patutu diketahui seperti dikutip dari Mayoclinic Lihat: 5 Tanda-tanda Cewek Lagi Horny Gairah Seks Memuncak

Oligozoosperma

Oligozoosperma adalah keadaan dimana cairan sperma hanya mengandung sedikit sel sperma. Hal ini akan berdampak pada infertilitas pria.

Konsentrasi sperma di bawah 20 juta sperma/ml dapat dikatakan oligozoosperma. Pada keadaan yang berat jumlah sperma dibawah 5 juta sperma/ml.

Asthenozoosperma

Asthenozoosperma adalah istilah yang digunakan untuk menggambarkan adanya penurunan motilitas sperma. Sperma yang baik adalah sperma yang dapat bergerak dengan cepat dan lurus ke depan.

Namun apabila terdapat gangguan morfologi sperma, maka akan menyebabkan kecepatan pergerakan sperma menurun.

Teratozoosperma

Teratozoosperma adalah keadaan dimana bentuk sperma tidak normal. Penyebab dari keadaan ini tidak diketahui pada sebagian besar kasus.

Namun keadaan Teratozoosperma dikaitkan dengan penyakit Hodgkin’s, penyakit coeliac dan penyakit Crohn. Bentuk sperma yang tidak normal dapat menyebabkan penurunan motilitas sperma dan mencegah masuknya sperma ke sel ovum.

Baca: 7 Gaya Seks Shakira Ini Bisa Jadi Inspirasi Bercinta Anda Dengan Pasangan

Hypospermia

Hypospermia adalah keadaan medis dimana seorang pria memiliki jumlah cairan sperma yang sedikit, yaitu 1.5 ml. Bedakan dengan oligozoosperma yang berarti konsentrasi sperma yang rendah.

Keadaan ini tidak menyebabkan infertilitas, namun jika jumlah cairan sperma diikuti dengan konsentrasi sperma yang rendah, maka keadaan ini dapat menyebabkan infertilitas.

Hyperspermia

Hyperspermia adalah keadaan dimana seorang pria memiliki jumlah sperma yang banyak.

Jumlah cairan sperma pada keadaan hyperspermia melebihi volume normal, sampai lebih dari 15.5 ml. Keadaan ini adalah lawan dari keadaan hypospermia.

Selain metode laboratorium, setiap pasangan juga bisa mengenali gejala kemandulan dengan memperhatikan beberapa kondisi. Dan di bawah ini 7 hal tanda-tanda terjadinya kemandulan yang sebaiknya anda ketahui.

1. Kenali tanda-tanda kesuburan wanita

Wanita usia subur biasanya memiliki tanda-tanda saat mengalami ovulasi setiap bulannya. Ovulasi terjadi ketika telur dilepaskan dari indung telur menuju tuba fallopi untuk dibuahi sel sperma. Pada saat ovulasi terjadi peningkatan lendir serviks, peningkatan suhu tubuh dan rasa nyeri atau sakit di perut.

Wanita yang subur bisa dilihat dari tanda-tanda ketika dia mengalami ovulasi setiap bulan, tapi perlu diketahui kurangnya tanda-tanda ovulasi tidak selalu menunjukkan bahwa wanita tersebut mandul.

2. Mengetahui siklus menstruasi

Jika anda seorang wanita dengan siklus menstruasi yang tidak teratur, maka kemungkinan hormon yang diproduksi tubuh anda kurang. Bisa jadi ada ketidakseimbangan hormon estrogen dan progesteron.

Jika ketidakteraturan siklus menstruasi anda hanya sesekali mungkin bukan sesuatu yang serius, tapi jika terus menerus tidak teratur maka itu adalah gejala dan pertanda anda mungkin mengalami kemandulan.

3. Jalani tes penyakit menular seksual

Beberapa penyakit menular (PMS) menyebabkan kemandulan. Pada wanita penyakit seksual tersebut menyebabkan radang panggul yang menyebabkan terjadinya kemandulan.

Pada pria, Gonore adalah salah satu penyakit kelamin yang jika tidak diobati akan menyebabkan kemandulan. Setiap penderita Gonore akan mengetahui jika Gonore yang diderita adalah salah satu dari tanda kemandulan.

4. Ketahui faktor gaya hidup penyebab kemandulan

Terlalu gemuk atau terlalu kurus menyebabkan kemandulan. Merokok dan minum alkohol juga memberi kontribusi membuat anda tidak subur. Pada pria, stres dan rasa cemas berlebihan menyebabkan kualitas sperma sangat buruk dan menyebabkan kemandulan. Merokok pada pria dan wanita juga berkontribusi langsung terhadap terjadinya kemandulan.

5. Mengetahui efek samping obat yang dikonsumsi

Obat-obatan tertentu yang dikonsumsi secara rutin dapat menyebabkan efek samping bagi tubuh, salah satunya adalah menyebabkan kemandulan.

Contohnya, obat untuk menyembuhkan tekanan darah. Selain itu, pengobatan medis di masa kecil seperti kemoterapi untuk menyembuhkan kanker juga dapat menyebabkan kemandulan saat dewasa.

6. Mengetahui kondisi tertentu penyebab kemandulan

Beberapa penyakit seperti sindrom Cushing menyebabkan masalah cystic fibrosis dan kesuburan pada pria. Kondisi genetik juga berkontribusi menyebabkan kemandulan. Dengan mengetahui gejala dari sindrom tersebut memungkinkan kita mengetahui kemungkinan terjadinya kemandulan.

7. Lakukan tes medis

Barangkali anda anda tidak tahu dengan pasti apakah anda subur atau mandul, jadi hal terbaik yang bisa anda lakukan adalah dengan melakukan tes medis.

Tes medis untuk mengetahui tingkat kesuburan dilakukan pada pihak pria dan wanita. Pada pria, dilakukan analisis sperma di laboratorium tertentu untuk mengetahui kualitas sperma.

Sementara pengujian kesuburan pada wanita lebih kompleks yang meliputi cek darah untuk mengetahui kadar hormon, tes USG panggul untuk mencari fibroid rahim dan memeriksa serviks dan uterus jika ada kelainan. Pemeriksaan tuba fallopi juga dilakukan untuk melihat apakah ada masalah yang menyebabkan kemandulan

Memiliki anak adalah impian semua pasangan suami istri, tapi terkadang keinginan tidak sesuai kenyataan. Anda atau istri anda atau bisa juga anda berdua oleh dokter dinyatakan mandul.

Ketika itu terjadi, tetaplah tenang, saat ini tingkat pengetahuan kedokteran kita tentang kesuburan sudah sangat meningkat.

 

 

Ciri-Ciri Pria Mandul Menurut Dokter Spesialis Sex

Top Topik Pencarian :

Bagaimana Pendapat Kamu? Bagikan dengan Kami

Komentar

loading...